Laporkan!

Anda dapat berkontribusi terhadap upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang di Indonesia dengan memberikan informasi kepada PPATK tentang adanya dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang dan kejahatan lainnya yang berkaitan dengan transaksi keuangan.

Berdasarkan ketentuan Pasal 44 huruf  f Undang-undang No. 8 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (UU PPTPPU) dan Pasal 29 huruf f Peraturan Presiden No. Tahun 2011 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Kewenangan PPATK, PPATK berwenang untuk menerima Laporan atau informasi dari masyarakat tentang dugaan Tindak Pidana Pencucian uang (TPPU).

Dalam pelaporan dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang, kerahasiaan pelapor dijamin dari kemungkinan terungkapnya identitas kepada publik. Laporan dugaan TPPU akan ditindaklanjuti sesuai dengan lingkup tugas dan kewenangan PPATK. Dalam hal ini, apabila atas hasil analisis laporan dari masyarakat ditemukan indikasi TPPU dan/atau kejahatan lainnya yang melibatkan transaksi keuangan akan dteruskan kepada penyidik sebagai informasi intelijen, berupa informasi yang telah diberikan nilai tambah dan bersifat rahasia. Tindak lanjut penanganan laporan sangat tergantung pada kualitas laporan yang disampaikan

Klik ikon diatas untuk memulai pembuatan laporan pengaduan anda.

Caranya ?

Laporan Anda dapat disampaikan melalui beberapa cara sebagai berikut:

1. Website : https://wbs.ppatk.go.id
2. E-mail : dumastppu@ppatk.go.id
3. Surat : Layanan Pengaduan Masyarakat PPATK
Jl. Ir H Juanda No.35
Jakarta Pusat 10120
4. Datang langsung ke Kantor PPATK

Aman!

Kerahasiaan dari pelapor
dugaan Tidak Pidana
Pencurian uang dijamin!